Taman HUtan Raya bukit Soeharto Terbakar Di Kaltim

0

Taman HUtan Raya bukit Soeharto Terbakar Di Kaltim , Sekitar 2 hektare hutan di Taman Hutan Raya Bukit Soeharto (Tahura) di jalan poros Samarinda-Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (11/3) pagi hangus terbakar. Peristiwa itu kembali mengancam areal konservasi Borneo Orangutan Survival (BOS) Samboja Lestari, di Kutai Kartanegara. Mereka bersiaga mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan.

Taman HUtan Raya bukit Soeharto Terbakar Di Kaltim

Keterangan diperoleh merdeka.com, api berkobar menghanguskan hutan di Tahura, sekitar pukul 10.00 WITA pagi tadi. Kejadian itu sempat menjadi tontonan pengguna kendaraan yang melintas di ruas jalan itu.

“Benar, mas. Itu Tahura terbakar. Sempat tadi kita pelan-pelan lewat lokasi, apinya besar sekali belum ada petugas pemadam,” kata Fahri, salah seorang warga usai melintas di ruas jalan itu, kepada awak media, Jumat (11/3) sore.

Peristiwa terbakarnya hutan di Tahura itu, membuat petugas di BOS Samboja Lestari kian waspada. Wajar, karena kawasan Tahura, berada dekat dengan areal konservasi BOS Samboja Lestari. Terlebih lagi, sudah sejak lama tidak ada turun hujan, ditambah dengan cuaca yang begitu terik.

“Benar, kita lagi siaga kebakaran hutan dan lahan, di bulan Maret dan April ini. Apalagi dengan hutan Tahura yang terbakar itu,” ujar Koordinator Komunikasi BOS Samboja Lestari, Suwardi.

Suwardi menerangkan, di BOS Samboja Lestari yang dikelilingi areal tambang batubara juga permukiman penduduk, dalam kondisi kering disertai cuaca terik menyengat. Kondisi itu mengancam eksistensi hutan konservasi beserta satwa orang utan dan Beruang Madu di dalamnya.

“Angin juga bertiup kencang. Kita benar-benar siaga. Jangan sampai kebakaran hutan di musim kemarau 2015 lalu itu terulang,” ujar Suwardi.

“Sekarang saja, banyak satwa-satwa liar yang lari masuk ke areal BOS. Karena memang sekeliling hutan konservasi kita ini adalah areal tambang, juga permukiman,” terangnya.

Diketahui, sejak 31 Agustus 2015 lalu hingga 25 September 2015 lalu, sekitar 231,5 hektare areal BOS Samboja Lestari, hangus terbakar di tengah musim kemarau. Terbakarnya hutan BOS, diduga kuat akibat kesengajaan warga membuka lahan dengan membakar lahan. Sekitar 78 ribu tanaman musnah.
“Termasuk di antaranya pohon langka ulin dan pohon gaharu, ikut musnah,” pungkas Suwardi.

Sedia Alat Pemadam Api sebelum terjadi kebakaran.

Alat Pemadam Api Ringan, APAR, Tabung Pemadam Kebakaran, isi Ulang Atau Refil Pemadam Kebakaran, Alat Pemadam, Jual Tabung Pemadam Api Murah, Harga Tabung Pemadam Kebakaran, Isi Pemadam Kebakaran, Alat Tabung Pemadam kebakaran JABODETABEK, Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Cikarang, Cikampek.
Untuk Informasi, pemesanan, harga, dan Isi ulang Tabung Pemadam Kebakaran atau Refill Alat Pemadam Api Ringan Jakarta Silahkan datang langsung ke kantor kami di alamat ini:

Office:
Jl. Pondok Kelapa Raya Blok G1 No.4A Jakarta Timur 13450.
HP : 081-2222 91986 ( WA )
Fax : 021 – 4801163
Email : Pujianto@tabungpemadamapi.com

Share.

About Author

Comments are closed.